cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
salimnahdi15@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Elementaria Edukasia
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 26154625     EISSN : 26550857     DOI : -
Core Subject : Education,
Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). Elementaria Edukasia was initiated and established for the first time on January 2018. All topics that we received only articles relating to elementary education fields. For research category, articles can be written using quantitative and qualitative approaches, and can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Oktober" : 10 Documents clear
Keefektifan Pembelajaran Daring dan Luring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Melynialda Veriza Liany; Firosalina Kristin
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4247

Abstract

Pandemi Pandemi Covid-19 mengubah dunia Pendidikan. Salah satu solusi belajar mengajar tetap berlanjut yaitu dengan melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui keefektifan pembelajaran daring dan luring dalam meningkatkan hasil belajar pada muatan pelajaran IPS siswa kelas 4 SD. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas 4  SDN 01 Kesongo. Sementara itu, sampel penelitian adalah siswa kelas 4A yang berjumlah 24 peserta didik sebagai kelompok kontrol, dan 4C berjumlah 22 peserta didik. Analisis data dengan tekhnik statistika deskriptif meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sampel T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar metode pembelajaran luring lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran daring.
Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon pada Materi IPA Kelas IV Sekolah Dasar Aulenia Rizki; Kharisma Eka Putri; Susi Damayanti
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4214

Abstract

Hasil survey yang dilakukan menunjukkan siswa mengalami kesulitan pada materi siklus hidup makhluk hidup karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil validasi video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar, mengetahui kepraktisan video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar, dan untuk mengetahui keefektifan video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Kemaduh Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil kevalidan dengan skor 92% dari ahli materi dan 84% dari ahli media dengan rata-rata presentase sebesar 88% (sangat valid). (2) Hasil kepraktisan dengan skor 92% dari respon guru dan 89% dari respon siswa dengan rata-rata presentase sebesar 91% (sangat praktis). (3) Hasil keefektifan media dukur dari hasil rata-rata post-test sebesar 77,7 dengan perolehan hasil ketuntasan belajar klasikal (KBK) memperoleh presentase sebesar 86% (sangat efektif). Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis animasi powtoon pada materi IPA kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam menunjang proses pembelajaran.
Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Rahmat Fadhli
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4230

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research (studi kepustakaan) dengan metode kualitatif. Sumber data sekunder berasal dari 33 artikel jurnal nasional. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil beberapa peneliti menemukan bahwa kurikulum merdeka belajar sudah diimplementasikan di sekolah dasar (sekolah penggerak). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kebijakan kurikulum merdeka belajar sudah diimplementasikan meskipun memerlukan beberapa perbaikan dan pengembangan. Penelitian mengenai implementasi kurikulum merdeka belajar masih jarang ditemui, sehingga direkomendasikan untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait analisis implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar, baik pada jenjang sekolah maupun perguruan tinggi.
Pengaruh Penggunaan Model Scramble Berbantuan Kartu Domino Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di Kelas III Sekolah Dasar Ai Nurhayati Sunarya; Budi Hendrawan; Yopa Taufik Saleh
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4202

Abstract

Model scramble adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan konsentrasi, kecepatan dan ketepatan berfikir siswa. Membaca pemahaman adalah proses pengolahan bacaan atau teks tujuannya untuk memperoleh informasi yang terkandung dalam teks bacaan, membaca pemahaman harus menjadi bagian penting dari peningkatan kualitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scramble berbantuan kartu domino terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas III SDN 2 Neglasari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pre eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III sebanyak 40 orang siswa, sedangkan sempel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes (pretest-posttest) berupa soal esai sebanyak 10 soal dengan dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model scramble berbantuan kartu domino terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas III SDN 2 Neglasari.
Implementasi Merdeka Belajar Melalui Program Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar Amriani Amir; Neva Satyahadewi; Gusti Eva Tavita; Asri Mulya Ashari; Lucky Hartanti
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4098

Abstract

Kampus Mengajar adalah salah satu dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Nasional yang  momentum pelaksanaannya dimulai pada Februari 2021, dikenal sebagai Kampus Mengajar Perintis atau KM 1. Pemerintah sangat berbesar harapan bahwa dengan program ini akan dapat meningkatkan kompetensi soft skill dan hard skill dari lulusan perguruan tinggi secara signifikan, serta relevan dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan dunia pendidikan saat sekarang. Duta Kampus Mengajar 2 (KM 2) yang ditempatkan di Sekolah Dasar Negeri No 15 Segedong, terdiri dari 4 mahasiswa yang berasal dari 3 perguruan tinggi berbeda, dan dengan berbagai latar belakang program studi, diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di sekolah tersebut meskipun dalam segala keterbatasan karena pandemi Covid 19. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data dari siswa SD di beberapa kelas yang dikelola oleh tim KM2, orangtua siswa, guru dan tendik serta kepala sekolah. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menguraikan gambaran secara terstruktur implementasi dari program kampus mengajar ini oleh tim KM 2 meliputi kegiatan proses pembelajaran, adaptasi teknologi dan pembenahan administrasi sekolah. Dari evaluasi yang dilakukan di pertengahan dan akhir kegiatan menunjukkan bahwa tim KM 2 di sekolah tersebut telah melaksanakan rangkaian kewajiban yang ditugaskan.
Pengembangan Media Pembelajaran Digital Scrapbook Berbasis Canva Pada Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Tematik Syifa Fauziah Noer; Zerri Rahman Hakim; Sigit Setiawan
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4198

Abstract

This research is motivated by the use of learning media that are still conventional, less varied and have not applied a contextual approach optimally in the material and images presented in thematic learning so that the development of digital learning media in the form of a Canva-based Digital Scrapbook is needed on contextual approaches in thematic learning. This study aims to determine the stages of development, feasibility, and response of students to the Canva-based Digital Scrapbook learning media on a contextual approach in thematic learning in grade IV Elementary School. This development research uses a 3-D model, namely define, design, and develop. The subjects in this study were 18 students of class IV B of SDN Tamansari 07. The data collection techniques used are in the form of interviews, questionnaires, and documentation. The instruments used are interview sheets, validation sheets, and student response questionnaire sheets. The results of the Canva-based Digital Scrapbook development research obtained an average score from media experts of 87.72% with a very decent category, a material expert of 92.22% with a very decent category, and a linguist of 77.00% with a decent category. The average student response score was 80.55% with a good category. Thus, the Canva-based Digital Scrapbook on a contextual approach in thematic learning deserves to be developed and used in grade IV Elementary School. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional, kurang bervariasi serta belum menerapkan pendekatan kontekstual secara maksimal dalam materi maupun gambar yang disajikan dalam pembelajaran tematik sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran digital berupa Digital Scrapbook berbasis Canva pada pendekatan kontekstual dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan, kelayakan, dan respon peserta didik pada media pembelajaran Digital Scrapbook berbasis Canva pada pendekatan kontekstual dalam pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 3-D yaitu define, design, dan develop. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SDN Tamansari 07 sejumlah 18 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar validasi, dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan Digital Scrapbook berbasis Canva memperoleh rata-rata skor dari ahli media sebesar 87,72% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 92,22% dengan kategori sangat layak, dan ahli bahasa sebesar 77,00% dengan kategori layak. Adapun rata-rata skor respon peserta didik sebesar 80,55% dengan kategori baik. Dengan demikian, Digital Scrapbook berbasis Canva pada pendekatan kontekstual dalam pembelajaran tematik layak dikembangkan dan digunakan di kelas IV Sekolah Dasar.
Upaya Meningkatkan Self Efficacy dan Prestasi Siswa Menggunakan Metode Saintifik Di Kelas IV SD Kota Tangerang Putri Rahayu S; Desi Setiyadi
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4246

Abstract

Rendahnya self efficacy siswa dalam menyelesaikan permsalahan-permasalahan matematika membuat prestasi siswa tidak maksimal. Sebagian besar siswa belum memiliki keyakinan dalam menjawab berbagai soal matematika yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self-efficacy siswa dengan menggunakan metode saintifik pada siswa kelas IV SD Kota Tangerang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Kota Tangerang. Instrumen penelitian menggunakan angket efikasi diri pada tes matematika, observasi, guru, hasil belajar siswa dan catatan lapangan saat tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan setiap siklus, yaitu: a) tahap perencanaan, b) tahap tindakan, c) tahap observasi, d) tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dinyatakan bahwa 1) efikasi diri siswa meningkat dari 73 pada siklus I menjadi 87 pada siklus II. 2) Peningkatan prestasi belajar pada siklus I meningkat sebesar 20,23, dari rata-rata 68,88 pada siklus I menjadi 89,11 pada siklus II. 3) Hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan 1 dan 2 siklus I berturut-turut adalah 60% dan 96% dan 100% dengan rata-rata 85,30%. Pada siklus II prosentasenya sudah mencapai diatas 90%, dengan prosentase hasil pada pertemuan 3 dan 4 berturut-turut adalah 97% dan 100% dengan rata-rata 98,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode saintifik dapat meningkatkan self-efficacy dan prestasi siswa
Pengembangan Media Kartu Lipat Kata Untuk Melatih Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Elma Novia; Tatu Hilaliyah; Rina Yuliana
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media Kalika (kartu lipat kata), untuk mengetahui kelayakan media Kalika yang peneliti kembangkan, dan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap media Kalika. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kabayan 1 dengan subjek penelitian peserta didik kelas 1 yang berjumlah 18 orang. Jenis penelitian ini mengacu pada langkah-langkah yang diadaptasi dari prosedur pengembangan menurut Sugiyono yang terdiri dari 7 tahapan yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, hasil akhir. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk validasi produk oleh tim ahli dan lembar angket respons peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa media Kalika untuk melatih kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 sekolah dasar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dari 2 ahli media, kategori layak dari 2 ahli bahasa, dan kategori sangat layak dari 2 ahli materi. Respons peserta didik terhadap media Kalika pada uji coba dengan 18 responden termasuk ke dalam kategori sangat baik.
Pendekatan Open Ended Untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Arrahim Arrahim; Hendhisca Cipta; Nabila Adinda Rinjani
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4183

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematika di sekolah dasar masih belum optimal pada kenyataannya pembelajaran matematika di Indonesia masih belum memberikan hasil yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari pendekatan open ended untuk kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR) dengan mengidentifikasi, menilai, dan menginterprestasi seluruh temuan-temuan pada suatu penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian (research question) yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam penelitian ini mengkaji 13 artikel hasil akhir screening berdasarkan kriteria inklusi, terdapat 4 jurnal menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, 4 jurnal menggunakan metode penelitian eksperimen semu, 2 jurnal menggunakan metode penelitian eksperimen, 2 jurnal menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen, dan 1 jurnal menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan dari analisis 13 bahan kajian, hasil pada penerapan pendekatan open ended siswa sekolah dasar meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat selisih antara hasil penerapan pendekatan open ended pada kelas tinggi dan rendah yaitu pada siklus I sebesar 23%, siklus II sebesar 5%, dan siklus III sebesar 1,1%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar.
Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Arrahim Arrahim; Rini Endah Sugiharti; Syadila Putriyati Lestari
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 5, No 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v5i2.4181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran penerapan strategi Rotating Trio Exchange dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar. Hal tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya hasil matematika siswa, siswa merasa bosan dan takut dalam mengikuti pelajaran matematika, serta guru masih banyak yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dari banyaknya solusi yang diterapkan pada penelitian sebelumnya salah satunya adalah menerapkan strategi Rotating Trio Exchange. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review, penelitian ini dilakukan dengan cara menilai dan mengidentifikasi jurnal secara sistematis. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah jurnal yang memiliki kriteria inklusi yaitu: jurnal membahas tentang strategi Rotating Trio Exchange dan hasil belajar matematika, jurnal 10 tahun terakhir (2012-2022), subjek siswa sekolah dasar, dan jurnal berbahasa Indonesia. Berdasarkan kriteria inklusi tersebut memperoleh hasil 9 jurnal, 3 jurnal menggunakan metode eksperimen semu dan 6 jurnal lainnya menggunakan metode PTK, jurnal dengan subjek penelitian kelas rendah yaitu 2 jurnal serta 7 jurnal lainnya kelas atas, sedangkan hasil nilai rata-rata siswa mencapai 65,676, pada siklus II nilai rata-rata keseluruhan meningkat menjadi 81,684. Sehingga terdapat selisih peningkatan antara siklus I dan siklus II secara keseluruhan mencapai 16,008. Sehingga strategi Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10